Untitled

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”).

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Laporan soal kecepatan internet dunia kembali dikeluarkan oleh Akamai, perusahaan cloud dan internet monitoring. Posisi satu di dunia kembali ditempati oleh Korea Selatan yang memang sudah langganan juara. Sedangkan Indonesia harus puas di posisi ke-101.

Korea Selatan tercatat mempunyai kecepatan internet rata-rata 24,6 Mbps di kuartal II tahun 2014. Sedangkan Indonesia di posisi cukup akhir memiliki kecepatan internet rata-rata 2,5 Mbps.

Sebenarnya kecepatan 2,5 Mbps tersebut sudah lebih baik dari laporan di kuartal IV 2013 yang tercatat 1,6 Mbps. Akan tetapi posisi Indonesia justru turun dari tempat 93 ke-101. Berarti kemungkinan, negara lain lebih cepat pertumbuhan kecepatan internetnya.

Negara tetangga seperti Singapura atau Malaysia berada di posisi atas, yakni 21 dan 69. Vietnam juga lebih baik dari Indonesia dengan berada di tempat ke 90 dan mencatat kecepatan internet rata-rata 2,9 Mbps.

Posisi Indonesia sedikit lebih baik dari Filipina di posisi 103. Juga lebih unggul dari India di tempat ke-115 dengan kecepatan 2 Mbps.

Di posisi runner up, ada Hong Kong dengan kecepatan mencapai 15,7 Mbps. Kemudian Jepang di posisi ke-4. Negeri Sakura ini mencatat kecepatan internet rata-rata sebesar 14,9 Mbps.

internet_speed